Rabu, 16 Januari 2013

Mengingat (Lagi)

Mungkin kali ini kita perlu instropeksi diri. Sebagai aktivis dakwah. Sebagai orang-orang yang mengaku berjuang di atas agama-Nya. Sudahkah hati ini tulus berjuang? Atau ternyata ada sebab lain mengapa kita di sini. Selain kepada-Nya. Selain untuk-Nya. Hingga usaha dan pengorbanan selama ini hanyalah fenomena usang di tengah jalan.

Sudahkah metode kita selama ini benar-benar telah mengikuti Rasul-Nya? Tanpa sindiran, dengan nasihat yang baik. Tanpa celaan, kepada objek dakwah atau da'i lain yang tidak sepaham. Dengan hikmah dan cinta.

Sudahkah kita menjadi teladan bagi yang lain? Baik perbuatan dan perkataan. Sudahkah dikoreksi akhlak kita? Mencontek saat ulangan, berbohong saat berbicara, pantaskah kita?

Periksa lagi jiwa kita. Adakah rasa paling benar? Adakah rasa paling pantas menikmati surga-Nya? Tinggi hati, ingin dipuji, ingin diapresiasi.

Sudahkah kesabaran itu menyertai perjalanan kita? Sabar. Hingga langkah yang diambil pun tidak terburu-buru. Tenang, dengan kepala dingin. Mencoba mengambil tiap keputusan dengan bijak. Hingga tidak ada yang tersakiti karenanya.

Mari instropeksi diri kita akhi wa ukhti fillah.

Allahu a'lam.
 

Sudah Shalatkah Anda?